Setiap orang tua harus dapat memahami dan mengetahui kemampuan anak yang masih bisa dikembangkan. Pada saat anak lahir telah memiliki kemampuan berbicara, berpikir, sosialisasi dan lainnya. Kemampuan tersebut dapat berkembang dan dimanfaatkan secara optimal dapat dirangsang melalui media atau cara sehingga optimal. Selain itu anak juga harus merasakan senang ketika mengalami perkembangan kemampuannya.

Media atau cara yang dapat digunakan untuk merangsang perkembangan anak yaitu mengajak bermain. Bermain bukan hal yang baru untuk bayi. Bermain merupakan naluri yang melekat pada diri anak semenjak bayi. Pada saat bayi sudah memainkan tangan dan jemari kaki, benda benda di sekitarnya, tertarik dengna gerakan mainan yang digantung atau memunculkan cahaya, memasukan benda ke mulutnya atau juga menirukan suara.

Kegiatan kegiatan yang mengasyikan seperti itu yang akan membuat anak mengalami tumbuh kembang yang optimal. Dengan permainan dapat penyesuain diri yang membantu anak dalam menguasai konflik dan cemas. Bahkan permainan dapat membantu anak mengalami perkembangan kognitif. Permainan anak dan usia anak harus mengalami keseimbangan dalam pemilihan permainan yang tepat. Semakin usianya bertambah maka keterampilan permainan dapat semakin rumit.

Artikel ini akan membantu anda dalam memberi tahu manfaat permainan pada anak-anak. Sehingga permainan yang sesuai dengan usianya akan membantu dalam perkembangan kognitif yang optimal. Sehingga diperlukan pemahaman orang tua dalam mengasuh, merawat dan mendidik dalam memberikan pangasuhan untuk proses perkembangan tumbuh kembang khususnya balita.

Apa itu mainan
...
12 Manfaat Mainan Edukatif Bagi Kecerdasan Anak
Dunia anak adalah dunia bermain, ungkapan itu bukan sekedar ungkapan belaka, tetapi merupakan kebutuhan mental, fisik dan psikologis anak dalam masa p...
Leave a comment
Note: HTML is not translated!