Di zaman digital dan serba media sosial ini, apa aja bisa mendadak jadi viral alias hits yang diikuti banyak orang di seluruh dunia. Entah itu gaya selfie kamu, ungkapan nggak sengaja yang terekam di vlog, makanan yang dianggap ajaib, sampai mainan yang nggak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Nah, dari beberapa permainan, kamu pasti tahu yang namanya slime, pasir ajaib alias magic sand, dan squishy.

Tiga mainanan ini sebenarnya sudah nggak asing lagi buat kamu. Tapi, kalau ditanya kira-kira ada manfaatnya apa nggak, kamu belum tentu tahu jawabannya. Apalagi kalau mainan itu cuma untuk diremas-remas, kemudian berubah warna jadi butek, dan kering alias udah nggak bisa dipake, buat apa dibeli, ya? Kan sayang uangnya. Faktanya, masih ada manfaat dan fungsi slime, pasir ajaib, atau squishy yang selama ini jarang kamu sadari. Kalau tahu manfaat mainan ini, kamu pasti nggak menganggap remeh lagi.

Slime

slime

Mungkin selama ini kamu pikir slime hanyalah permainan bertekstur lengket yang ditusuk-tusuk dengan jari dan menghasilkan sensasi lengket atau dingin yang nggak ada manfaatnya. Tapi, faktanya fungsi slime nggak hanya menghibur, tapi juga meningkatkan kreativitas dari teknik pencampuran warna atau bahan lainnya. Selain itu dia juga jadi sarana penyaluran emosi yang bisa dilihat dari cara bermainnya, dan cara meningkatkan konsentrasi yang terlihat dari fokusnya seseorang dalam memainkan slime.

Kinetic sand atau magic sand

kinetic sand

Beberapa waktu lalu permainan ini jadi salah satu permainan super ngehits yang diborong anak muda Indonesia. Apa sih gunanya pasir warna-warni gini? Kinetic sand bisa dijadikan salah satu alternatif untuk anak-anak yang kecanduan bermain gadget, melatih kreativitas dengan membentuk pasirnya, bisa dipakai berulang-ulang dan tidak mengering, serta permainan ini cukup bersih dan meminimalisir adanya kuman.

Squishy

Squishy

Mainan ini mungkin mainan yang bentuknya paling jelas atau dijual dengan berbagai bentuk, entah menyerupai benda lucu atau makanan. Lalu, apa fungsinya selain diremas, ya? Sebenarnya squishy itu muncul dengan berbagai variasi fungsi. Ada yang dibuat menjadi tempat pulpen, wristband, gantungan kunci, dan lain sebagainya. Namun, meski memiliki banyak fungsi, squishy tetap bisa diremas dan bertekstur empuk. Proses meremas squishy ini juga ada manfaatnya, lho! Yaitu melatih saraf motorik tangan kamu biar semakin kuat.

Semua mainan di atas memang punya manfaatnya. Tapi, kamu nggak perlu terlalu boros membeli ketiganya banyak-banyak dan memainkannya terlalu sering, ya. Semua hal yang terlalu banyak itu nggak pernah bagus manfaatnya. Jangan sampai rambutmu kena slime, kamu ketelen pasir, atau tanganmu jadi capek kebanyakan meremas squishy. Jangan juga keasyikan main dan lupa belajar, ya! 

12 Manfaat Mainan Edukatif Bagi Kecerdasan Anak
Dunia anak adalah dunia bermain, ungkapan itu bukan sekedar ungkapan belaka, tetapi merupakan kebutuhan mental, fisik dan psikologis anak dalam masa p...
Berbagai Jenis Mainan Anak Dan Manfaatnya
Bermain adalah proses belajar yang sangat penting bagi anak-anak....
Leave a comment
Note: HTML is not translated!